JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
TUGAS 1
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991.
Object
Objek dalam dunia nyata bisa kita gambarkan sebagai apa yang berwujud nyata seperti mobil, sepeda motor, orang
Baik dalam dunia nyata atau dalam sebuah program, sebuah objek memiliki dua karakteristik, yaitu :
· state
· behaviour
State (Atribut ) adalah keadaan dari sebuah objek, seperti mobil memiliki state warna, model, tahun pembuatan, kondisi, dll.
behaviour (Method ) adalah kelakuan dari objek tersebut, seperti mobil dapat melaju, membelok, membunyikan klakson, dll
Class
Kelas adalah semacam cetakan, atau template, untuk membuat objek.
Ibaratkan sebuah rancangan rumah yang digunakan untuk membangun ratusan rumah. Rumah yang dibangun tersebut adalah objek dari kelas rancangan rumah.
Hal ini dapat dilakukan karena semua objek rumah yang dibangun memiliki karakteristik yang sama, sehingga dapat dibuatkan semacam blueprintnya.
Class adalah blueprint dari suatu objek
Suatu class mempunyai prosedur awal untuk membangun objek yang disebut sebagai konstruktor
Konstruktor adalah method atau prosedur yang mempunyai nama yang sama dengan nama classnya
Access Specifiers
Public : kelas dapat diakses dari manapun termasuk dari kelas lain dan kelas-kelas yang berada dalam package yang berbeda
Private : kelas dapat diakses oleh anggota kelas itu sendiri.
Protected : kelas dapat diakses oleh kelas turunan
Friendly : kelas dapat diakses dari manapun tetapi harus berada dalam package yang sama.
BUAT CLASS mahasiswa
package mahasiswa;
public class Mahasiswa {
private String nama,Teman;
private int nim;
public void setnama(String nama){
this.nama=nama;
}
public void setnama1(String nama){
this.nama=nama;
}
public void setnama2(String nama){
this.nama=nama;
}
public void setnim(int nim){
this.nim=nim;
}
public void setnim1(int nim){
this.nim=nim;
}
public void setnim2(int nim){
this.nim=nim;
}
public void setTeman(String Teman) {
this.Teman = Teman;
}
public void setTeman1(String Teman) {
this.Teman = Teman;
}
public void setTeman2(String Teman) {
this.Teman = Teman;
}
public int getNim() {
return nim;
}
public int getNim1() {
return nim;
}
public int getNim2() {
return nim;
}
public String getTeman() {
return Teman;
}
public String getTeman1() {
return Teman;
}
public String getTeman2()
{
return Teman;
}
public String getnama() {
return nama;
}
public String getnama1() {
return nama;
}
public static void
main(String[] args) {
Mahasiswa nama=new Mahasiswa();
nama.setnama("Imam Maschun");
System.out.println("nama :"+nama.getnama());
nama.setnim(12110022);
System.out.println("nim :"+nama.getNim());
nama.setTeman1 ("ika");
System.out.println("Teman anda yang pertama:
"+nama.getTeman1());
nama.setnim1(12110023);
System.out.println("nimnya adalah :"+nama.getNim1());
nama.setTeman2("eko");
System.out.println("Teman anda yang kedua:
"+nama.getTeman2());
nama.setnim2(12110024);
System.out.println("nimnya adalah :"+nama.getNim2());
}
}
TUGAS 2
Definisi
Metode
Konstruktor merupakan metode yang dapat digunakan untuk memberikan nilai awal
saat objek di ciptakan.
Pemanggilan Konstruktor
Metode konstruktor dipanggil
sendiri secara otomatis ketika new dipakai untuk menciptakan instan kelas
Sifat Konstruktor
•
Memiliki
nama yang sama dengan nama class
•
Dipanggil
dengan keyword new
•
Tidak
memiliki nilai balik (termasuk tidak dapat ada kata kunci void)
Overloding
Dua buah metode dalam sebuah
class diperbolehkan memiliki nama yang sama dengan signature yang berbeda.
BUAT CLASS knstruktor2
package konstruktor2;
class tampilnilai{
private String nilai;
private String kategori;
public tampilnilai(char huruf){
switch (huruf){
case 'A':
this.nilai="antara 80 sampai 100";
this.kategori="istimewa";
break;
case 'B':
this.nilai="antara 65 sampai 79";
this.kategori="baik";
break;
case 'C':
this.nilai="antara 56 sampai 64";
this.kategori="cukup";
break;
case 'D':
this.nilai="antara 40 sampai 55";
this.kategori="kurang";
break;
case 'E':
this.nilai="antara 0 sampai 39";
this.kategori="buruk";
break;
}
}
public void info(){
System.out.println("nilaiku
:"+this.nilai);
System.out.println("kategori :"+this.kategori);
}
}
public class Konstruktor2 {
public static void
main(String[] args) {
System.out.println("A");
tampilnilai obj=new
tampilnilai('A');
obj.info();
System.out.println("B");
tampilnilai obj1=new
tampilnilai('B');
obj1.info();
System.out.println("C");
tampilnilai obj3=new
tampilnilai('C');
obj3.info();
System.out.println("D");
tampilnilai obj4=new
tampilnilai('D');
obj4.info();
System.out.println("E");
tampilnilai obj6=new
tampilnilai('E');
obj6.info();
}
}
TUGAS
3
Ø mekanisme di OOP yang memungkinkan class baru dibuat
berdasarkan class yang sudah ada sebelumnya.
Ø Suatu
sifat atau method didefinisikan dalam
superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses.
Ø Contoh
inheritance
·
Class terdiri dari class kakek, class
bapak dan class cucu
·
Ketentuan superclass di deklarasikan
dari class kakek, kemudian diwariskan pada class bapak dan diwariskan lagi pada
class cucu
BUAT CLASS persona1 dan student
/*Class person1
package person1;
public class Person1 {
protected String nameperson;
protected String address;
public Person1(){
System.out.println("\n
program demo INHERITANCE");
System.out.println("==============================");
System.out.println("masukan konstruktor person");
System.out.println("dijalankan oleh class student");
nameperson="imam maschun";
address="banjarnegara";
}
public Person1(String
nameperson, String address) {
this.nameperson=nameperson;
this.address=address;
}
public String getAddress() {
return address;
}
public String getNameperson()
{
return nameperson;
}
}
/*Class student
package person1;
public class
student extends Person1{
public student(){
System.out.println("nama person
:"+nameperson);
System.out.println("address person
:"+address);
}
public
static void main(String[]args){
String namestudent;
student st=new student();
System.out.println("\n Saya Adalah
Student");
System.out.println("Nama Saya :
Imam");
System.out.println("");
}
}
TUGAS
4 A
Ø Sesuatu
yang memiliki banyak bentuk, yaitu memiliki nama sama, tetapi memiliki kelakuan
(behaviour) yang berbeda .
Ø Jika
menginginkan sebuah objek yang dapat memanggil setiap method yang ada
pada setiap class maka gunakan Polymorphisme.
Ø Hanya
berlaku pada method dan tidak berlaku untuk atribut
/*Class
Bahanbakar
package bahanbanbakar;
public class Bahanbanbakar {
public static void
main(String[] args) {
// TODO code application
logic here
kendaraan ken = new
kendaraan();
ken.bahanbakar():
mobil ml = new mobil();
ml.bahanbakar();
pesawat pt = new
pesawat();
pt.bahanbakar();
keretaapi kp=new
keretaapi();
kp.bahanbakar();
sepedamotor sp=new
sepedamotor();
sp.bahanbakar();
bus b=new bus();
b.bahanbakar();
}
}
/*Class
kendaraan
package bahanbanbakar;
public class kendaraan {
public void bahanbakar(){
System.out.println("bahan bakar kendaraan:");
}
}
/*Class
mobil
package bahanbanbakar;
public class mobil extends kendaraan {
public void bahanbakar(){
System.out.println("bahan bakar mobil adalah BENSIN");
}
}
/*Class
pesawat
package bahanbanbakar;
public class pesawat extends kendaraan {
public void bahanbakar (){
System.out.println("bahan bakar pesawat adalah BENSOL");
}
}
/*Class
keretaapi
package bahanbanbakar;
public class keretaapi {
public void bahanbakar(){
System.out.println("bahan bakar keretaapi adalah BATUBARA");
}
}
/*Class
sepedamotor
package bahanbanbakar;
public class sepedamotor extends kendaraan {
public void bahanbakar(){
System.out.println("bahan bakar motor adalah BENSIN");
}
}
/*Class
bus
package bahanbanbakar;
public class bus extends kendaraan {
public void bahanbakar(){
System.out.println("bahan bakar bus adalah SOLAR");
}
}
TUGAS
4 B
BUAT CLASS Hewan,kucing,ayam,kuda
BUAT CLASS Hewan,kucing,ayam,kuda
/*Class
Hewan
package hewan;
public class Hewan {
public static void
main(String[] args) {
// TODO code application
logic here
kucing kc=new kucing();
kc.Hewan();
ayam a=new ayam();
a.Hewan();
kuda k=new kuda();
k.Hewan();
}
}
/*Class
Kucing
package hewan;
public class kucing extends
Hewan{
public void Hewan(){
System.out.println("suara kucing MEAWWWWWWW");
}
}
/*Class
ayam
package hewan;
public class ayam extends Hewan
{
public void Hewan(){
System.out.println("suara
Ayam PETOK-PETOK KUKURUYUK");
}
}
/*Class
kuda
package hewan;
public class kuda extends Hewan {
public void Hewan(){
System.out.println("suara
kuda TIK-TAK TIK-TUK TIK-TAK TIK-TUK HEEEEH");
}
}
TUGAS
5 A
/*mahasiswa.java
package person2;
import person2.employee;
import person2.person;
import person2.student;
public class mahasiswa {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
person ref;
student siswa=new student("Me","Banjarnegara");
employee pegawai=new employee("You","Purwokerto");
ref=siswa;
String Temp1=ref.getName();
String Temp2=ref.getAddress();
System.out.println(Temp1);
System.out.println(Temp2);
ref=pegawai;
String Temp3=ref.getName();
String Temp4=ref.getAddress();
System.out.println(Temp3);
System.out.println(Temp4);
}
}
/*person
package person2;
public class person {
protected String name,address;
public person()
{
System.out.println("Konstruktor tanpa parameter");
name="";
address="";
}
public person(String name, String address){
this.name=name;
this.address=address;
}
public String getAddress() {
return address;
}
public String getName() {
return name;
}
public void setAddress(String address) {
this.address = address;
}
public void setName(String name) {
this.name = name;
}
}
/*student
package person2;
public class student extends person{
private String hobby;
public student(){
super("imam","banjarnegara");
System.out.println("Student: merupakan defaul konstruktor");
}
public String getName(){
System.out.println("mengambil nama student dari class person
");
return "nama student :"+super.getName();
}
public String getAddress(){
System.out.println("mengambil alamat
student dari clas person");
return "alamat student :"+super.getAddress();
}
public student(String name, String address) {
super(name, address);
System.out.println("class student : 2 konstruktor yaitu
:"+name+
","+address);
}
public String getHobby() {
return hobby;
}
public void setHobby(String hobby) {
this.hobby = hobby;
}
}
/*employee
package person2;
public class employee extends person {
private String hobby;
public employee() {
System.out.println("Default konstruktor");
}
public employee(String name, String address) {
super(name, address);
System.out.println("class emlployee : 2 konstruktor
yaitu:"+name+
","+address);
}
public String getHobby() {
return hobby;
}
public void setHobby(String hobby) {
this.hobby = hobby;
}
public String getName(){
System.out.println("mengambil nama student dari class person
");
return "nama student :"+super.getName();
}
public String getAddress(){
System.out.println("mengambil alamat student dari clas person");
return "alamat student :"+super.getAddress();
}
}
TUGAS
5 B
/* hitungluas.java
package hitungluas;
public class Hitungluas {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
segitiga luassegitiga=new segitiga();
luassegitiga.setAlas(34);
luassegitiga.setTinggi(4);
System.out.println("--luas
segitiga--");
System.out.println("alas
:"+luassegitiga.getAlas());
System.out.println("tinggi
:"+luassegitiga.getTinggi());
System.out.println("luas
:"+luassegitiga.getLuas());
System.out.println("===============================");
lingkaran luaslingkaran=new lingkaran();
luaslingkaran.setPhi(3.14);
luaslingkaran.setR(9);
System.out.println("--luas lingkaran--");
System.out.println("Phi :"+luaslingkaran.getPhi());
System.out.println("R :"+luaslingkaran.getR());
System.out.println("Luas :"+luaslingkaran.getLuas());
System.out.println("=============================");
persegipanjang luaspersegipanjang=new persegipanjang();
luaspersegipanjang.setPanjang(25);
luaspersegipanjang.setLebar(4);
System.out.println("--luas persegipanjang--");
System.out.println("panjang
:"+luaspersegipanjang.getPanjang());
System.out.println("lebar :"+luaspersegipanjang.getLebar());
System.out.println("luas:"+luaspersegipanjang.getLuas());
System.out.println("==============================");
}
}
/* segitiga.java
package hitungluas;
public class segitiga extends Hitungluas
{
public int alas,tinggi,luas;
public int getAlas() {
return alas;
}
public void setAlas(int alas) {
this.alas = alas;
}
public int getLuas() {
return alas*tinggi/2;
}
public void setLuas(int luas) {
this.luas = luas;
}
public int getTinggi() {
return tinggi;
}
public void setTinggi(int tinggi) {
this.tinggi = tinggi;
}
}
/*persegipanjang.java
package hitungluas;
public class persegipanjang extends
Hitungluas {
public int panjang,lebar,luas;
public int getLebar() {
return lebar;
}
public void setLebar(int lebar) {
this.lebar = lebar;
}
public int getLuas() {
return panjang*lebar;
}
public void setLuas(int luas) {
this.luas = luas;
}
public int getPanjang() {
return panjang;
}
public void setPanjang(int panjang) {
this.panjang = panjang;
}
}
/*lingkaran.java
package hitungluas;
public class lingkaran extends Hitungluas{
public double phi,r,luas;
public double getLuas() {
return phi*(r*r);
}
public void setLuas(double luas) {
this.luas = luas;
}
public double getPhi() {
return phi;
}
public void setPhi(double phi) {
this.phi = phi;
}
public double getR() {
return r;
}
public void setR(double r) {
this.r = r;
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar